Wisata Pantai Teluk Awur

19 Jan 2012

mangrove
PANTAI TELUK AWUR JEPARA Adalah salah satu Hasil jepretan dari jalan-jalan ke Jepara kemaren. Ternyata kota ini selain terkenal sebagai sentra kerajinan ukir dan permebelan,
ternyata memiliki potensi wisata pantai yang cukup bagus. Ini adalah foto2 di sepanjang pantai di Teluk Awur, Kota Jepara. Sebagai laut Jawa yang berombak tenang, dengan hamparan pasir putih…hmmm, cocok buat mandi dan berenang, sayang airnya agak kecoklatan. Di sekitar pantai ini banyak berdiri villa dan resort berbentuk joglo yang di huni orang2 bule…

Salah satu pantai di kabupaten Jepara yang cukup indah dan menarik untuk di kunjungi adalah Pantai Teluk Awur . Disebut Teluk memang kondisi lautnya yang menjorok ke daratan, sehingga panjang pantai kalau dilihat tidak lurus memanjang namun mendekati bentuk setengah elips. Dalam situs pemerintah kabupaten Jepara pantai Teluk Awur ini belum masuk pada daerah tujuan wisata kabupaten Jepara, namun demikian jika dilihat pantai ini tidak kalah menariknya dengan pantai Kartini Jepara ataupun pantai Tirto Samudra Bandengan .
Jika hari Minggu atau libur pantai teluk awur jepara ini cukup ramai dikunjungi oleh pelancong baik dari sekitar Jepara sendiri , ada pula warga luar kota Jepara yang juga mampir mencoba melihat keindahan pantai yang masih alami ini. Dikatakan alami pantai ini sama sekali belum terpoles oleh unsur pariwisata, tidak ada tempat parkir . Karcis tanda masuk maupun rumah-rumahan tempat untuk berteduh. Namun demikian pengunjung tidak akan kepanasan karena sepanjang pantai ini penuh dengan tanaman hijau yang dapat digunakan untuk berteduh . Wisatawan yang datang cukup dengan menggelar tikar dibawah rimbunnya tanaman sembari menikmati semilirnya angin pantai , indahnya ombak yang bergulung tak lupa menikmati bekal dari rumah sungguh nikmat rasanya.
Bukan itu saja sebagian pantai ini juga rimbun dengan tanaman mangrove yang ditanam oleh kamunitas pecinta alam dan pantai sebagai pilot proyek penanggulangan abrasi pantai yang saat ini telah menggerus pantai di Jepara khususnya bagian selatan. Mangrove ini tumbuh cukup rimbun sehingga cukup nyaman untuk tempat berteduh, Namun sayang saking rimbunnya kadang-kadang tempat ini digunakan pacaran para muda-mudi yang sedang dimabuk cinta.
Berenang sepuasnya dipantai teluk awur jeparapantai-teluk-awur
Untuk fasilitas pendukung meskipun cukup sederhana warga sekitar telah menyediakannya untuk kenyamanan para pengunjung. Tempat parkir misalnya untuk mobil tidak masalah disana tenpatnya cukup luas tinggal memilih ditempat mana kita mau parkir, untuk kendaraan roda dua bisa langsung diparkir di bibir pantai sehingga jika ramai Sepeda motor kelihatan berjajar rapi. Untuk yang mempunyai hobi berenang Pantai Teluk awur kondisi airnya cukup bersih karena jauh dari lalu lalangnya perahu dan kapal, sehingga aman jika digunakan untuk mandi dan berenang. Bagi yang tidak bisa berenang warga sekitar telah menyediakan ban-ban mobil yang besar sehingga bisa digunakan untuk berenang dipinggir pantai, sewanyapun relative murah sekali pakai Rp 1.000, - Rp 2.000,-. Begitu pula tempat mandi bilas ,warga sekitar juga telah menyediakannya meskipun kondisinya sederhana namun bisa digunakan untuk membersihkan badan dari asinnya air laut.
Sehingga sayang jika kita telah sampai di pantai ini tidak nyebur ke laut, jadi bila pembaca mencoba datang jangan lupa membawa baju renang dan peralatan untuk mandi bila tidak ingin menyesal jika pulang.
Yang mempunyai hobi memancing pengunjung juga bisa menuntaskan kesenangannya di pantai ini , selain ikannya cukup lumayan , juga kita bisa menyewa perahu jika ingin ke tengah laut.
Soal makanan , bagi pengunjung yang tidak membawa bekal warga menyediakan berbagai macam menu yang bisa dipilih, dari makanan kecil, minuman ringan sampai dengan nasi beserta lauk pauknya. Harganyapun relative murah , sehingga bagi wisatawan yang kantongnya pas-pasan tidak ada halangan untuk mengunjungi pantai ini.
Bagi Pemerintah Daerah Jepara sudah tibalah waktunya untuk menata Pantai Teluk awur ini , meskipun sudah ada Pantai Kartini Jepara , namun pantai tersebut suasanya terlalu bising dan ramai karena berfungsi ganda sebagai pelabuhan menuju karimunjawa. Sehingga jika pantai teluk awur jepara ini dikembangkan dengan baik akan menambah lagi satu tempat wisata pantai yang mampu menyedot wisatawan asing maupun domestic. Selain suasana Pantai Teluk awur ini masih alami juga kondisi lingkungannya yang nyaman sebagai tempat peristirahatan dan rekreasi seluruh keluarga. Lebih lebih jika Pemerintah daerah bisa menggandeng investor yang mau membiayai dengan system bagi hasil sepertinya halnya WBL ( Wisata Bahari Lamongan) atau yang popular orang menyebut Pantai Tanjung Kodok tentu hal ini akan menambah pendapatan pada pemerintah daerah.
Dengan dikembangkannya Pantai Teluk Awur jepara ini secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian warga masyarakat sekitarnya, karena obyek wisata ini akan menyedot banyak orang dengan berbagai macam kebutuhan. Diantaranya butuh kuliner, oleh-oleh, penginapan dan banyak lagi yang lain.

Cintailah alam untuk anak cucu kita dan kehidupan yang lebih baik.


TAGS wisata alam wisata pantai


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post